Mahasiswa UGM Hibahkan Aplikasi LexiPal ke Institusi Pendidikan dan Kesehatan

Mahasiswa UGM yang tergabung dalam sebuah grup dengan nama NextIn Indonesia menghibahkan aplikasi LexiPal ke beberapa institusi pendidikan dan kesehatan. Aplikasi LexiPal adalah aplikasi belajar membaca untuk membantu anak-anak dengan kesulitan belajar membaca dan Disleksia, yaitu salah satu kesulitan belajar spesifik pada area berbahasa yang terjadi pada anak-anak dengan tingkat kecerdasan normal atau di atas rata-rata. Aplikasi ini ditujukan terutama untuk anak-anak dengan umur 5-7 tahun. LexiPal dikembangkan oleh NextIn Indonesia bekerjasama dengan Asosiasi Disleksia Indonesia (ADI), dengan dukungan dari Bank Mandiri. NextIn Indonesia sendiri didirikan oleh Muhamad Risqi Utama Saputra (S2 Jurusan Teknik Elektro dan Teknologi Informasi), Vina Sectiana Amretadewi (S1 Jurusan Teknik Elektro dan Teknologi Informasi), Taufiq Almasyhur (S1 Jurusan Teknik Elektro dan Teknologi Informasi), dan Mega Aisyah Nirmala (Magister Manajemen).

Pada bulan Januari 2013, tim yang diketuai oleh Risqi Utama ini mendapatkan juara ke-2 Mandiri Young Technopreneur Award, sehingga mereka berhak mendapatkan project capital dari Bank Mandiri untuk menyempurnakan aplikasi LexiPal dan mengimplementasikannya ke beberapa institusi di Indonesia. Dengan project capital tersebut, tim NextIn Indonesia melakukan riset yang lebih mendalam tentang Disleksia di kantor pusat Asosiasi Disleksia Indonesia di Bandung. LexiPal kemudian dikembangkan lagi berdasarkan hasil riset tersebut, dikoreksi oleh tim expert dari Asosiasi Disleksia Indonesia, diujicobakan ke 40 anak Disleksia, hingga akhirnya dinyatakan lulus validasi oleh Asosiasi Disleksia Indonesia.

Ketua Asosiasi Disleksia Indonesia, dr. Kristiantini Dewi, Sp.A, mengatakan bahwa “Asosiasi Disleksia Indonesia sangat bangga dan sangat terbantu dengan hadirnya LexiPal sebagai aplikasi game komputer yang berbasis edukasi, yang dirancang untuk membantu kegiatan belajar sambil bermain terutama bagi anak-anak Disleksia. Aplikasi ini dibuat berdasarkan riset yang seksama tentang karakteristik belajar anak Disleksia serta telah lulus uji validasi dari tim Asosiasi Disleksia Indonesia. LexiPal sungguh merupakan prestasi anak bangsa yang luar biasa karena dibuat oleh anak Indonesia, menggunakan bahasa Indonesia, bukan terjemahan dari aplikasi luar negeri, dengan konsep dari ADI“. Dengan hasil yang demikian, aplikasi ini siap diimplementasikan ke institusi-institusi di Indonesia.

Pada bulan Oktober hingga November 2014, LexiPal diimplementasikan dan dihibahkan keIndigrow Child Development Center (Bandung), SD Pantara (Jakarta), dan Rumah Sakit Melinda 2 (Bandung). Pada acara hibah tersebut, tim dari Asosiasi Disleksia Indonesia memberikan kuliah mengenai Kesulitan Belajar Spesifik kepada orang tua dan guru yang hadir. Di akhir acara, aplikasi LexiPal beserta 2 buah komputer dihibahkan secara simbolis kepada pihak manajemen institusi dengan disaksikan oleh perwakilan dari Bank Mandiri.

Risqi Utama mengatakan, “Aplikasi ini akan dirilis secara resmi pada 20 Desember 2014, bersamaan dengan diselenggarakannya Seminar Memahami Kesulitan Belajar Anak di Auditorium Fakultas Kedokteran UGM. Acara ini akan diisi oleh pakar-pakar dalam bidang pendidikan anak. Acara ini sangat cocok dihadiri oleh orang tua, guru sekolah, terapis, dokter, atau mahasiswa fakultas psikologi, pendidikan, atau kedokteran.”. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang seminar, bisa mengakses http://lexipalindonesia.com/seminar.

Berita serupa bisa juga dilihat di:

http://ugm.ac.id/id/berita/9543-mahasiswa.ugm.hibahkan.aplikasi.lexipal.ke.institusi.pendidikan.dan.kesehatan

http://www.antaranews.com/berita/467822/mahasiswa-ugm-hibahkan-lexipal-ke-institusi-pendidikan

http://www.tempo.co/read/news/2014/12/07/072626823/Mahasiswa-UGM-Bikin-Game-untuk-Anak-Disleksia

Foto Hibah di Indigrow Child Development Center, Bandung

Foto Hibah di Indigrow Child Development Center, Bandung

Foto Hibah di SD Pantara, Jakarta

Foto Hibah di SD Pantara, Jakarta

Foto Hibah di RS Melinda 2, Bandung

Foto Hibah di RS Melinda 2, Bandung

-LexiPal Team-